Menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih adalah tanggung jawab kita bersama.
Banyak hal dapat dilakukan. Nggak usah mikir yang muluk-muluk, mulai dari yang sederhana saja.
Mulai dari rumah kita, mulai dari diri kita....

Rabu, 01 September 2010

Komposter Maggot: Murah dan Gampang Membuatnya

Salah satu kendala menyediakan komposter di rumah adalah mahalnya harga komposter di pasaran. Sebagai contoh, satu set lengkap komposter yang biasanya ada di pasaran (termasuk produk komposter aerobik kami) dijual dengan harga antara 200 sampai 400 ribu rupiah. Harga sedemikian tentunya tergolong mahal bagi ibu-ibu rumah tangga. Untuk itu, perlu dicari komposter yang murah, bila perlu dapat dengan gampang dibuat sendiri.

Dalam rangka mencari bahan komposter yang murah dan mudah didapat, saya memutuskan untuk mencarinya di toko kelontong (bukan toko lontong, tapi toko yang jualan wadah-wadah plastik) di dekat rumah saya. Harapannya, saya dapat menemukan wadah yang bentuknya sudah terbayangkan di kepala saya, yaitu suatu wadah berbentuk 2 corong (cone) yang disatukan kedua mukanya. Akan tetapi, hanya satu, wadah yang saya temukan yang mirip dengan yang saya bayangkan, yaitu tong plastik biru yang biasa saya gunakan untuk membuat komposter aerobik. Namun harganya tentu saja tinggi, yaitu diatas 60 ribu rupiah untuk yang bervolume 60 liter.

Tanpa sengaja saya melihat 2 buah ember bervolume sekitar 15 liter yang ditumpuk sehingga bentuknya seperti yang saya harapkan. Kedua ember tersebut kemudian saya beli dengan harga 30 ribu rupiah.

Di rumah, kemudian kedua ember tersebut bagian dasarnya dibuka dengan pisau ‘victorlynox’ (pisaunya Mick Gaver) secara hati-hati, dan kedua mulut ember disatukan dengan sekrup. Salah satu hasil bukaan dasar ember saya gunakan untuk tutup komposter dengan diberi semacam pegangan laci.

Salah satu ember, pada seluruh bagian dindingnya kemudian dilubangi dengan solder. Bagian ember inilah yang kemudian ditanam di dalam tanah. Dengan adanya lubang-lubang tersebut memungkinkan material sampah kontak dengan mikroba tanah. Sedangkan ember yang satunya akan terlihat ‘nongol’ dipermukaan tanah sehingga suasananya relatif hangat bagi maggot.

Jadi, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat komposter maggot adalah 2 buah ember (volume boleh berapa saja, tapi jangan ember kecil), 2 buah sekrup, 1 buah pegangan laci. Sementara itu alat yang diperlukan adalah pisau kecil, obeng, dan solder. Anda tertarik untuk membuatnya sendiri?

1 komentar:

Jhon Ripper mengatakan...

droithx bgt pak... ide nya sangat membantu.. saya lg cari2 komposter murah meriah dan biasa ada disekitar kita.

yg ingin saya tanya brapa lama proses kompostingnya kl sampah rumah tangga???

tolong pak, gmn caranya buat aktivator kompos yg murah meriah???
sy pernah liat artikel pake nasi yg berjamur dicampur air gula tp lupa situsnya