Menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih adalah tanggung jawab kita bersama.
Banyak hal dapat dilakukan. Nggak usah mikir yang muluk-muluk, mulai dari yang sederhana saja.
Mulai dari rumah kita, mulai dari diri kita....

Selasa, 14 Desember 2010

Kompos Pak Rumpeday

Mengomposkan sampah adalah bukan hal yang baru bagi pak Rumpeday. Akan tetapi mengomposkan sampah dengan sentuhan teknologi tepat guna adalah hal yang baru baginya. Dalam mengomposkan sampah, sebelumnya Pak Rumpeday hanya menimbun sampah organik sekedarnya di sekitar tanaman pinang yang dipelihara. Kini Pak Rumpeday sudah ahli dalam mengomposkan sampahnya secara cepat dalam komposter yang dibuatnya sendiri dari tong bekas.

Pak Rumpeday adalah pensiunan pegawai PT Freeport Indonesia (PTFI) yang saat ini tinggal di Kota Kuala Kencana, Timika – Papua. Beberapa bulan yang lalu dia mengikuti pelatihan daur ulang sampah yang diadakan oleh Divisi Lingkungan PTFI yang bekerjasama dengan BPPT. Melalui pengetahuan yang didapatnya, dia langsung mempraktekannya di rumah.

Pak Rumpeday bangga bisa mengomposkan sampah dapur dan kebunnya secara cepat tanpa bantuan bahan kimia atau starter yang harganya mahal. Starter yang digunakannya cukup menggunakan kompos atau pupuk kandang saja. Prosesnya juga bebas bau. Selanjutnya kompos-kompos yang diproduksinya sebagian dapat menjadi starter kembali di dalam komposter aerobik yang disain awalnya dari BPPT.

Pak Rumpeday bercita-cita mengembangkan usahanya menjadi kegiatan yang dapat menjadi tambahan penghasilan keluarga di Timika. Semoga pihak-pihak terkait mendukungnya, ya Pak...

Tidak ada komentar: