Menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih adalah tanggung jawab kita bersama.
Banyak hal dapat dilakukan. Nggak usah mikir yang muluk-muluk, mulai dari yang sederhana saja.
Mulai dari rumah kita, mulai dari diri kita....

Senin, 10 Januari 2011

Origami 3D dari Majalah Bekas

Di rumah menumpuk majalah-majalah bekas? Kalau nggak kepakai lagi, tentu  bisa disedekahkan ke para pemulung yang sering lewat di depan rumah atau kita daur ulang sendiri. Jangan dibuang apalagi dibakar.

Mungkin Anda yang telah terbiasa mendaur ulang kertas, ada baiknya mencoba memanfaatkan majalah bekas menjadi kerajinan tangan yang unik dengan teknik origami 3D.

Pernah dengar Origami 3D? Origami adalah seni melipat kertas sedangkan 3D adalah singkatan 3 dimensi. Jadi origami 3D adalah seni melipat kertas yang bentuk produknya 3 dimensi, berupa benda yang mempunyai volume. Contohnya ada di ilustrasi di sebelah ini. (Perkenalkan, dua puteri di foto tersebut adalah puteri kedua dan ketiga saya: Ayu dan Destri sedang membuat lipatan-lipatan kertas berbentuk segitiga).

Vas berbentuk gentong dan angsa tersebut dirangkai lebih dari 2000 buah lipatan berbentuk segitiga yang dirangkai dengan teknik jepit-menjepit.

Pembuatan origami 3D tersebut merupakan kegiatan yang menyenangkan, dapat dilakukan ketika kita menonton TV atau bersantai bersama keluarga. Membuat lipatan-lipatan segitiga dapat dilakukan bersama anak-anak kita sambil mengembangkan kreativitas dan kegiatan motorik mereka.

Dari lipatan-lipatan berbentuk segitiga tersebut dapat dibuat tidak hanya vas bunga tetapi juga berbagai macam bentuk benda lainnya seperti naga, pinguin, dan sebagainya. Anda tertarik? Yuk, kita mencobanya....

1 komentar:

Syafiqah Atikah mengatakan...

bagaimana mahu membuat bentuk 3 segi itu..boleh tunjukkan pada saya..thank u..