Menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih adalah tanggung jawab kita bersama.
Banyak hal dapat dilakukan. Nggak usah mikir yang muluk-muluk, mulai dari yang sederhana saja.
Mulai dari rumah kita, mulai dari diri kita....

Minggu, 12 Agustus 2012

Integrasi MagComp dan Buletong: Cara Pintar Atasi Sampah Makanan dan Budidaya Lele di Pemukiman Padat Penduduk


MagComp (Maggot Composter) merupakan komposter sampah makanan yang dirancang khusus untuk budidaya maggot (larva lalat). Keistimewaan komposter ini dibandingkan dengan komposter lain adalah kemampuannya dalam mengolah segala macam sampah makanan yang basah, mudah membusuk dan bau tanpa harus mengeluarkan usaha ekstra. Sampah makanan tidak perlu dipilah, dicacah, dikondisikan kelembapannya, diaduk dan sebagainya. Masukan dan biarkan MagComp bekerja dengan sendirinya. Produk utama dari MagComp adalah maggot yang kemudian dimanfaatkan sebagai suplemen tambahan pakan lele yang dibudidayakan dalam tong atau buletong (budidaya lele dalam tong).
Produk lainnya dari MagComp adalah kompos yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk padat tanaman herbal, tanaman hias, dan tanaman buah.

Penggunaan maggot untuk pakan lele berpengaruh baik dalam pertumbuhan lele karena kaya akan protein dan bergizi tinggi. Ketika menebarkannya ke dalam tong, lele-lele didalamnya langsung menyambarkan penuh nafsu. Tanpa dikunyah, langsung masuk ke lambungnya yang kecil. Selain baik untuk pertumbuhan,  pemberian maggot juga mengurangi biaya pembelian pelet pakan lele. Pemberian pelet dapat dihemat dari 25 hingga 50 persen.

Budidaya lele dalam tong (buletong) merupakan budidaya lele yang dirancang untuk keluarga di permukiman padat penduduk dengan tong untuk menambah gizi keluarga. Didalam tong lele diberi makan pelet dan maggot secara bergantian dengan dibantu suplai oksigen dari aerator yang biasa digunakan dalam akuarium.

Dari buletong didapatkan produk utama berupa ikan lele, sumber protein keluarga. Ikan lele merupakan ikan yang dagingnya lembut dan gurih sehingga disukai keluarga. Bisa dibuat sebagai pecel lele, disayur santen, pecak, dan sebagainya. Sisa dari masakan lele yang tidak termakan dapat menjadi sumber input bagi MagComp.

Selain lele, buletong juga menghasilkan pupuk cair yang mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Pemakaiannya pada tanaman herbal, tanaman hias, dan tanaman buah membuat tanaman tumbuh subur.

Jika kita lihat pada diagram alir integrasi MagComp dan Buletong, kedua kegiatan tersebut pada sebuah keluarga berdampak sangat positif yaitu: sampah makanan dari dapur tertangani, tersedianya sumber protein bergizi tinggi untuk keluarga, dan terpeliharanya tanaman herbal, hias dan buah. Tanaman herbal dan buah bermanfaat bagi pengobatan dan penjagaan kesehatan keluarga.

Anda ingin mencoba membuat MagComp dan Buletong?

3 komentar:

Hadi Widodo mengatakan...

luar biasa ilmu yang bermanfaat... trimakasih

Hadi Widodo mengatakan...

luar biasa , terimakasih masukannya

Eka mengatakan...

boleh tau cara buatnya pak? saya tertarik sekali dengan MagCom nya