Menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih adalah tanggung jawab kita bersama.
Banyak hal dapat dilakukan. Nggak usah mikir yang muluk-muluk, mulai dari yang sederhana saja.
Mulai dari rumah kita, mulai dari diri kita....

Selasa, 01 Februari 2011

Pabrik POG perlu Terintegrasi dengan Plant Pengomposan yang Berkualitas

Untuk membuat POG yang berkualitas, seharusnya menggunakan kompos yang berkualitas, yaitu kompos yang dihasilkan dari proses dekomposisi materi organik secara aerobik dan termophilic yang terkendali. Untuk itu, sebaiknya plant POG dilengkapi juga dengan unit/plant pengomposan yang memenuhi kriteria untuk proses pengomposan yang baik, karena sekaligus berfungsi sebagai kontrol mutu dari produk kompos yang dihasilkan, yang selanjutnya digunakan sebagai bahan baku POG. Baik tidaknya kualitas POG, sangat tergantung dari kualitas kompos atau pupuk organik yang dijadikan sebagai bahan baku POG.


Hasil observasi di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menunjukkan bahwa tidak semua plant POG memiliki sarana pengomposan. Tercatat hanya sekitar 30 % dari plant POG yang dilengkapi dengan plant pengomposan.

Dari jumlah tersebut hanya 50 % nya yang tercatat sebagai plant pengomposan yang baik, yaitu dilengkapi dengan atap dan lantainya disemen. Fungsi plant pengomposan yang ada bukan untuk mengolah seluruh bahan baku organik yang ada, untuk kemudian diproses menjadi kompos. Plant pengomposan yang ada hanya untuk mengolah sebagian bahan baku yang dianggap masih belum terdekomposisi secara sempurna.

Minimnya sarana pengomposan pada pabrik POG, sangat berkaitan dengan kebijakan pabrik dalam menggunakan bahan baku POG, yaitu lebih memilih menggunakan bahan baku yang bisa langsung diproses menjadi POG.

Tidak ada komentar: