Menjaga lingkungan tetap hijau dan bersih adalah tanggung jawab kita bersama.
Banyak hal dapat dilakukan. Nggak usah mikir yang muluk-muluk, mulai dari yang sederhana saja.
Mulai dari rumah kita, mulai dari diri kita....

Selasa, 14 Desember 2010

Pameran Daur Ulang Sampah KODARLING

Pada tanggal 14 Desember 2010, para kader lingkungan yang tergabung dalam “Kodarling” Perumahan Puspiptek Serpong, memamerkan barbagai jenis produk daur ulang sampah rumah tangga di Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong dalam acara Hari Ulang Tahun PWP LIPI. Dalam acara tersebut juga ada talkshow bersama pakar finansial Ahmad Gozali dan demo masak bersama Rudy Choirudin.

Kodarling adalah sebuah kelompok peduli lingkungan  yang dibentuk oleh para kader lingkungan yang bermukim di RW 06 Perumahan Puspiptek Serpong yang dibina oleh Pusat Teknologi Lingkungan - BPPT. Kodarling yang beranggotakan lebih dari 80 kader memamerkan hasil kerajinan berbahan baku sampah dimaksudkan untuk memperlihatkan bahwa setiap warga dapat mengurangi sampah dan mengolahnya menjadi produk-produk yang berguna dengan cara yang sederhana.

Produk-produk daur ulang sampah yang dipamerkan adalah kompos berbahan baku sampah rumah dapur; kerajinan kertas berpilin menjadi vas bunga, tempat tisue dan tempat pensil, kerajinan plastik kemasan menjadi tas, sendal, dan dompet; kerajinan kain perca menjadi kipas, taplak, sarung bantal; kerajinan dari kantung plastik menjadi berbagai hiasan bunga; kerajinan wadah plastik menjadi tirai; dan sebagainya.

Saat ini Kodarling masih terus mengembangkan kegiatannya dan bercita-cita menjadi contoh pengembangan  pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Hal tersebut dapat menjadi solusi permasalahan persampahan yang saat ini dihadapi oleh Kabupaten Tangerang Selatan.

Tidak ada komentar: